Kajian Kitab Nahwu Sharaf Tashawwuf

Al-Kalaam Menurut Ahli Hikmah

Written by Markazul Lughoh

Menurut Para pakar Bahasa bahwa الكلام (kalam) adalah

اللفظ المركب المفيد بالوضع
sebuah lafadz yang tersusun yang memberikan sebuah faidah dengan bahasa arab

lain halnya jika الكلام (kalam) itu dillihat oleh seorang Ahli hikmah. apa kata mereka ?

الكلام هو اللفظ المركب من القول والعمل. فإذا خاليا من العمل كان غير مفيد في القلوب شيئًا لكون الحال يكذب المقال، لأن المتكلم واعظ إذا عمل أولًا ثم تكلم ووعظ نفع قوله وأنهض حالُه.
kalam adalah lafadz yang tersusun dari pada Ucapan dan Amal. maka apabila ia kosong daripada amal (artinya, perkataannya tak diamalkan terlebih dahulu oleh dirinya) maka ucapan itu tidak memberikan manfaat bagi hati orang lain sedikitpun, karena kenyataannya mendustakan ucapannya. karena seorang Mutakalim (pembicara) itu adalah seorang penasehat, apabila ia amalkan terlebih dahulu apa yang ia ucapkan, kemudian ia bicara dan memberi nasehat, maka bermanfaatlah nasehat tersebut dan bangkitlah Ahwalnya.

luar biasa ungkapan ahli hikmah tersebut, memberikan gambaran bagi orang-orang yang suka berceramah namun isi ceramahnya tak menggambarkan dirinya seperti alfaqir yg dhoif ini. mungkin bacaan ini menjadi nasehat buat alfaqir sendiri atau orang-orang yg mengalami hal yang sama.

bahwa apa yang kita ceramahkan itu seharusnya sudah kita amalkan terlebih dahulu sehingga membuahkan atsar yang baik ..

maka tidaklah sempurna seorang Thalib ilm Lughoh jika tak mempelajari hal semacam ini. untuk apa berfasih-fasih kalam, jika tak fasih dalam amal, ucap seorang sufi ..

Wallahu musta’aan ..

About the author

Markazul Lughoh

Pusat Studi Bahasa Arab, Nahwu, Sharaf, Fiqih, dan Dakwah

Leave a Comment