Berita

Sekjen ADI : Membangun Masjid Harus Diiringi Membangun Kecerdasan Intelektual

Written by Ichwanul Muslim

Parapat – Sekretaris Jenderal Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Pusat, Amirsyah Tambunan, mengajak ummat tidak hanya membangun fisik tetapi juga membangun intelektual pada Ahad (4/11) di Masjid Raya Parapat, Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumatera Utara.

“Dalam pembangunan Masjid Raya Parapat hendaknya diiringi dengan membangun kekuatan fikriyah yaitu kecerdasan intelektual, “ kata Amirysah saat peresmian menara masjid At-Taqwa dan Pengajian Akbar.

Lebih lanjut, katanya, umat Islam sebagai penegak keadilan  harus menekankan pentingnya kualitas umat (khoiru ummah), umat yang satu (ummatan wahidah), dan umat pertengahan (ummatan wasatha).

“Islam telah menekankan pentingnya persatuan ummat (ummatan wahidah), umat yang berfemahaman tidak terlalu kiri tidak terlalu kanan (wasathiyah), dan sebaik-baik ummat, “ kata Pendiri Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam (ADPISI).

Selain itu, sambung Amirsyah, ada tiga fokus fungsi masjid, pertama, membangun basis kekuatan ekonomi ummat, kedua, membangun sosial budaya yang islami, ketiga, menciptakan budaya tertib, damai, dan bersih dengan dasar iman dan taqwa kepada Allah SWT.

“Tiga fokus pembangunan masjid adalah membangun kekuatan ekonomi umat, sosial budaya islam, dan peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, “ katanya di depan 3000 jamaah.

Dana tersebut, lanjutnya, telah terkumpul lewat Gerakan Amal Sholeh (GAS) sebesar 700 juta rupiah. (Ichwan)

About the author

Ichwanul Muslim

Santri, Guru MAFIKIBI (Matematika Fisika Kimia Biologi) SMP SMA IPA, dan Pengembang Prangkat Lunak berbasis Web dan Mobile

Leave a Comment