Berita

Sambut Maulid Nabi SAW, MUI Ajak Umat Teladani Semangat dan Visi Rasulullah

Written by Ichwanul Muslim

JAKARTA– Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat meneladani semangat dan visi Nabi Muhammad SAW berupa pembebasan dari ketertindasan. Ajakan ini disampaikan menyambut Maulid Nabi SAW 12 Rabiul Awal 1440 H.

“Baik ketertindasan dari kemiskinan, kebodohan maupun keterbelakangan,” kata
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Zainut Tauhid Sa’adi kepada MUI.OR.ID di Jakarta, Selasa (20/11).

Buya Zainut, begitu akrab disapa, mengatakan hakikat dari misi risalah Nabi Muhammad SAW adalah melakukan pembelaan terhadap kaum yang lemah dan tertindas dengan berempati merasakan beratnya penderitaan mereka (‘azizun ‘alaihi ma ‘anittum), memberikan rasa aman dan sentosa (harishun `alaikum), serta memberikan rasa belas kasih sayang terhadap sesama umat manusia (raufun rahim).

Dalam momentum Maulid Nabi SAW 1440 ini, kata Buya Zainut, MUI menyerukan umat Muslim mengembangkan sikap toleransi (tasamuh), keseimbangan (tawazun), dan bersikap adil (i’tidal) dalam menjalankan agama, sehingga tidak mudah terjebak dalam pertentangan dan perselisihan yang sifatnya sempit atau furuiyah. Perselisihan furuiyah itu selama ini jadi bahan untuk merusak silaturahim antara sesama umat dan eksternal umat beragama.

Dia menegaskan, seruan ini sesuai dengan misi Nabi Muhammad SAW yang ingin mewujudkan persaudaraan Islam (ukhuwah Islamiyyah) dan persatuan umat (wihdatul ummah) sebagaimana yang dilakukan Nabi ketika menyatukan dan mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshor saat membangun kota Madinah.

MUI, kata Buya Zainut mengajak seluruh umat beragama mengembangkan hidup damai, penuh harmoni, dan toleransi (tasamuh) antarumat beragama. Hal tersebut merupakan spirit aktualisasi dari visi Islam rahmatan li al-‘alamin (agama cinta dan kasih sayang bagi semesta raya).

“Spirit maulid tersebut harus diwujudkan melalui sikap dan perilaku keberagamaan yang santun, rukun, toleran, saling menghormati, dan menerima perbedaan keyakinan,” ujarnya.

Momentum Maulid, jelas dia, hendaknya dimaknai dalam rangka peneguhan sikap dan aktualisasi nilai-nilai perdamaian, apresiasi terhadap kebhinekaan, dan penghormatan terhadap nilai demokrasi, hukum, dan HAM.

Buya Zainut menambahkan MUI mengajak menjaga dan merawat NKRI. Kemerdekaan Indonesia yang diraih dengan perjuangan dan pengorbanan baik jiwa dan raga seluruh rakyat Indonesia adalah negara perjanjian yang mengikat seluruh komponen bangsa untuk hidup bersama secara damai, rukun, dan harmonis. “Untuk hal itu harus terus dijaga dan dipertahankan oleh seluruh bangsa Indonesia,” kata dia.

Tidak lupa, imbuh Buya Zainut, MUI mengajak menggunakan momentum Maulid Nabi Muhammad SAW untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan berbuat kebajikan dan beramal saleh dengan cara meneladani sifat dan akhlak mulia Nabi Muhammad SAW sebagaimana misi kenabiannya yaitu menyempurnakan kemuliaan akhlak umat manusia. (Azhar/Nashih)

About the author

Ichwanul Muslim

Santri, Guru MAFIKIBI (Matematika Fisika Kimia Biologi) SMP SMA IPA, dan Pengembang Prangkat Lunak berbasis Web dan Mobile

Leave a Comment