Berita

Resmi Dibuka, Indonesia Halal Expo 2018 Angkat Tema Meningkatkan Daya Saing UMKM

Written by Ichwanul Muslim

Jakarta – Ajang tahunan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018 resmi dibuka di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (01/11). Acara yang rencananya berlangsung sampai Minggu (04/11) ini mengangkat tema meningkatkan daya saing UMKM melalui sertifikasi halal.

Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim mengatakan, sertifikasi halal untuk UMKM semakin dirasa penting untuk memberikan nilai tambah, sehingga produk-produk UMKM bisa bersaing di pasaran.

“Pada Indhex 2018, kami mengusung, untuk yang kesekian kalinya dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM dengan sertifikasi halal. LPPOM memimliki komitmen yang kuat, memberikan daya saing bagi UMKM dalam perdagangan halal, ” ujarnya kala memberikan sambutan pembukaan di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (01/11).

Ajang tahunan ini, tambahnya, juga berbarengan dengan kegiatan rapat tahunan World Halal Food Council (WHFC) yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Jakarta. Peserta WHFC tersebut berasal dari dua puluh dua negara.

“Dalam rangkaian Indonesia Halal Expo, telah berlangsung juga annual general meeting world halal food council.” Paparnya.

Ketua Umum MUI KH. Ma’ruf Amin dalam kesempatan tersebut menambahkan, keberadaan UMKM menopang Indonesia menghadapi gelojak perekonomian global.

“Keberadaan UMKM kita harapkan bisa menjadi kekuatan baru bagi perekonomian nasional, ” ujarnya.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada LPPOM MUI dan SMESCO karena telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gesti Ngurah Puspayoga, menyebutkan, kementeriannya sudah bekerjasama dengan LPPOM MUI dalam rangka mengembangkan UMKM di Indonesia.

Pembukaan Indhex 2018 dihadiri Kepala BNSP Sumarna F. Abdullah, Kepala BSN Bambang Prasetya, Kepala Badan POM Penny K. Lukito, Kepala Badan Pemeriksa Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso, serta Pimpinan majelis Ulama Indonesia. (Azhar)

About the author

Ichwanul Muslim

Santri, Guru MAFIKIBI (Matematika Fisika Kimia Biologi) SMP SMA IPA, dan Pengembang Prangkat Lunak berbasis Web dan Mobile

Leave a Comment