Berita

PP MUI Gelar Monitoring Evaluasi Terhadap Eksistensi MUI Sulbar

Written by Ichwanul Muslim
MAMUJU. –Tim Monitoring Evaluasi (Monev) Pimpinan Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) lakukan evalusi terhadap eksistensi  Organisasi MUI Provinsi Sulawesi Barat, Mamuju, minggu (25/08/2019).
Monitoring evaluasi yang di gelar tersebut merupakan tindaklanjut dari kunjungan kerja atau Monev pada tahun 2017 ketika itu Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulbar belum mempunyai kantor.
Berkat dari dukungan semua pihak, Saat ini telah sepakat MUI Sulbar bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk membangun kantor yang tanahnya telah di persiapkan sebagai wadah koordinasi organisasi kemasyarakatan seperti Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, Wahda Islamiyah dan Hidayatullah.
Ketua Pimpinan Pusat Majelis Ulama Indonesia KH. Somad Bukhori, menegaskan bahwa MUI sebagai pelayan ummat (khodimul ummah) dan mitra pemerintah (sodiqul hukumah)  telah berupaya membangun eksistensi lewat wadah bersama MUI.
“Jadi MUI itu dibuat sebagai pelayan, untuk meneduhkan ummat, setiap masalah ummat yang berkaitan tentang hukum Agama bisa dikomuniksikan dan diselesaikan atas dasar kesepahaman dan kesepakatan ulama yang bersumber dari Al-quran dan hadits, (red),” ucapnya.
Dalam kesempatan itu, Wakil Sekretris Pimpinan Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr. Amirsyah Tambunan mengharapkan hasil Monev 2019 akan dijadikan acuan dan akan disampaikan di rapat kerja nasional (Rakernas) MUI yang akan berlangsung di Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai tanggal 11 hingga 13 Oktober mendatang.
“Dalam Rakernas itu nantinya, kita akan melakukan evaluasi secara nasional terhadap program MUI, sehingga mampu meningkatkan partisipasi MUI dalam melaksanakan Program yang fokus pada pemberdayaan ekonomi ummat, sebagai solusi untuk penguatan ekonomi bangsa,” Terang Amirsyah Tambunan.
Sementara Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Barat, KH. Nur Husain menagatakan evaluasi ini semoga dapat meningkatkan motivasi kami agar lebih giat untuk membangun kebersamaan ummat di Sulawesi Barat.
“Kami berharap dengan evaluasi ini, dan juga dengan pendirian kantor permanen, MUI Sulbar bisa lebih baik lagi kedepannya dalam menjalankan tugas-tugas keummatan yang ada di Sulbar, (red),” Tuturnya.
Sumber : http://www.sulbarmu.com/2019/08/pp-mui-gelar-monitoring-evaluasi.html

About the author

Ichwanul Muslim

Santri, Guru MAFIKIBI (Matematika Fisika Kimia Biologi) SMP SMA IPA, dan Pengembang Prangkat Lunak berbasis Web dan Mobile

Leave a Comment