Berita

Musholla Sebagai Sarana Penunjang Perkembangan Wisata Syariah

Written by Ichwanul Muslim

Sumatera Utara – Mushollah adalah tempat ibadah untuk kaum muslimin untuk menunaikan shalat lima waktu selain masjid. Di beberapa tempat musholah dikenal dengan surau atau langgar, tempat shalat seperti masjid namun berukuran lebih kecil.

Meskipun dalam hadits dari Abu Sa`id Al-Khudri diterangkan bahwa seluruh bumi merupakan masjid, kecuali kuburan dan kamar mandi. Namun umumnya masyarakat Muslim Indonesia lebih memilih beribadah ditempat khusus seperti Musholah atau Masjid.

Dalam meningkatkan wisata halal, selain restauran yang bersertifikasi halal, hotel dengan prinsip syariah, dan budaya yang menjaga aurat, keberadaan Mushalla juga perlu diperhatikan.

Tempat wisata Danau Toba, di Kecamatan Porsea Kabupaten Toba Samosir Prov Sumatera Utara juga telah disediakan tempat ibadah yang diberi nama Mushallah Al-Ikhlas.

Menurut penuturan Wasekjen MUI Bidnag Infokom, Amirysah Tambunan, terwujudnya mushallah disini bermula dari gagasan Ketum MUI Toba Samosir, Ustadz Haji Samosir pada 2017. “Dengan modal tanah seluas 30 meter persegi dan bantuan dari masyarakat hingga terhimpun dana 250 juta rupiah, terwujudulah bangunan musholah ini pada 2018, “ jelas Amirsyah.

Mengambil statement Gubernur, kata amirsyah, yaitu Marsipature Hutanabe yang artinya berperan aktif membangun Sumatera Utara, Amirsyah berharap dapat menjadi penggerak wisata halal di Danau Toba. Musholah tersebut langsung diresmikan Gubernur Smmatera Utara Edy Rahmayadi di tanggal 10 Maret 2019. (IM)

About the author

Ichwanul Muslim

Santri, Guru MAFIKIBI (Matematika Fisika Kimia Biologi) SMP SMA IPA, dan Pengembang Prangkat Lunak berbasis Web dan Mobile

Leave a Comment