Berita

MUI Latih Manajemen Kesehatan Menstruasi bagi Masyarakat Perbatasan

Written by Ichwanul Muslim

Kalimantan – Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPLH-SDA) Majelis Ulama Indonesia gelar pelatihan Manajemen Kesehatan Menstruasi bagi Masyarakat Perbatasan pada Jum`at (23/11) di Balai Desa Sungai Limau Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara

Menurut Nonon Saribanon, Tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang kesehatan menstruasi berdasarkan ilmu kesehatan.

“Masih banyak masyarakat yang percaya dengan beberapa mitos mengenai menstruasi, ” kata Nonon.

Oleh karena itu, sambungnya, Jejaring IWWASH bersama Pusat Studi Perempuan dan Anak (PSPA) Universitas Nasional, LPLH-SDA MUI, dan Pertamina EP Tarakan Field telah mengadakan Pelatihan Manajemen Kesehatan Menstruasi dan Sanitasi Lingkungan bersama ibu-ibu PKK dan sejumlah warga.

“Kami kerjasama dengan berbagai pihak untuk selenggarakan kegiatan tersebut, ” lanjutnya.

Masyarakat Sebatik  yang multietnis, lanjutnya, ternyata masih menjalankan mitos-mitos seputar menstruasi, bahkan ada yang sangat meyakininya.

“Sebagian masyarakat di sini masih sangat percaya dengan mitos, bahkan ada yang percaya jika tidak melakukannya akan terjadi hal-hal yang buruk, ” tutup Nonon.

Pulau Sebatik merupakan sebuah pulau di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Indonesia. terletak di ujung timur Kabupaten Nunukan, yang terbagi dua dengan Sabah, Malaysia.

About the author

Ichwanul Muslim

Santri, Guru MAFIKIBI (Matematika Fisika Kimia Biologi) SMP SMA IPA, dan Pengembang Prangkat Lunak berbasis Web dan Mobile

Leave a Comment