Berita

Ketua Umum MUI: UU JPH Tidak Akan Membebani UMKM

Written by Ichwanul Muslim

Jakarta – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma’ruf Amin menegaskan bahwa kehadiran UU Jaminan Produk Jalal (JPH) tidak akan merugikan UMKM seperti yang dikhawatirkan berbagai pihak.

“UU JPH tidak dimaksudkan membebani UMKM, namun untuk meningkatkan kekuatan daya saing karena tuntutan konsumen terhadap produk halal semakin meningkat, ” ujarnya saat memberikan sambutan dalam pembukaan Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018 di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (01/11).

Di tengah gejolak perekonomian global, paparnya, keberadaan UMKM diharapkan menjadi kekuatan baru bagi ekonomi nasional. Kesadaran UMKM pada masalah halal haram produk, katanya, menambah nilai UMKM tersebut.

“Masalah halal haram di Indonesia menjadi sesuatu yang sabgat penting karena mengonsumsi halal adalah tuntutan agama, ” katanya.

Untuk itu, kehadiran UU JPH perlu dilihat sebagai tantangan untuk berkompetisi. Hal ini penting karena kontribusi UMKM bagi PDB yang besar mencerminkan banyak tenaga kerja terserap di sektor ini.

“MUI ingin mendorong semangat berkompetisi di tengah masyarakat kita, atau memiliki fighting, memiliki semangat fastabiqul khairot untuk memacu diri, ” imbuhnya.

Ia mencontohkan, kesuksesan atlet Indonesia selama Asian Games 2018 yang memuncaki posisi empat, harusnya menyadarkan masyarakat tentang potensi diri. Para Atlet tersebut ditarget meraih 16 emas, namun target bisa dilampaui sampai lebih dari tiga puluh emas.

“Bangsa ini kalah dipacu bisa mengalahkan bangsa manapun.” tutupnya. (Azhar)

About the author

Ichwanul Muslim

Santri, Guru MAFIKIBI (Matematika Fisika Kimia Biologi) SMP SMA IPA, dan Pengembang Prangkat Lunak berbasis Web dan Mobile

Leave a Comment