Artikel

MENGENAL SEJARAH HAUL MASYAYIKH SIDOGIRI IASS DKI LEBIH DEKAT

Written by Ichwanul Muslim

Oleh; Abdul Muiz Ali
(Sekretaris PW IASS DKI Jakarta)

Kegiatan Haul Masyayikh Sidogiri sejatinya bagian dari puncak Khidmah (pengabdian) seorang santri kepada Kiai. Selain didalamnya ada silaturrahim antara santri dengan Kiai dan antara sesama alumni, kegiatan Haul Masyayikh merupakan silaturruh antara santri dengan Masyayikh Sidogiri.

Pada era akhir tahun 1980 hingga tahun 1990 an, kegiatan Haul Masyayikh Sidogiri di Jakarta diprakarsai oleh alumni dan santri aktif. Dulu istilah wadah alumni Sidogiri di Jakarta bukan bernama IASS, tapi Fatahillah. Teman-teman alumni yang masih ada hingga sekarang, sekaligus yang menjadi pegiat Haul Masyayikh saat itu antara lain, H. Abdul Hamid Umar, Anshori, H. Busthomi Hasan, M. Jamal Nor, H. Hapid, H. Fais, H. Kosim dan senior alumni lainya.

Pada awal tahun 2000 an ikatan alumni Sidogiri oleh Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri resmi dibuat satu wadah yang dinamakan Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS). Untuk di Jakarta dan sekitarnya kemudian melebur menjadi IASS Jabodetabek. Kepengurusan IASS Jabodetabek terdiri dari alumni yang berdomisili di Jakarta, Bekasi, Bogor dan sekitarnya.

Seiring dengan jumlah anggota IASS yang semakin banyak di sekitar Jabodetabek, maka tahun 2017 Pengurus Pusat Ikatan Alumni Santri Sidogiri Wilayah Jakarta (PP-IASS) memutuskan, agar antara DKI dan Jabar secara adminsitarsi dipisah yang kemudian menjadi IASS DKI Jakarta dan IASS Jabar. Hal itu bertujuan untuk memaksimalkan khidmah kita kepada Masyayikh Sidogiri melalui wadah IASS.

Pada tahun 2020 IASS DKI Jakarta akan menyelengarakan kegiatan Haul Masyayikh Sidogiri. Jika merujuk pada kegiatan Haul Masyayikh pada era 1980-1990, maka Haul Masyayikh Sidogiri IASS DKI di Jakarta adalah kegiatan Haul yang kesekian kalinya. Tetapi jika merujuk pada pemisahan antara IASS DKI-Jabar, maka Haul Masyayikh Sidogiri oleh IASS DKI Jakarta yang rencana nanti akan dilaksanakan tgl 25 Syaban 144I, berarti Haul yang pertama.

About the author

Ichwanul Muslim

Santri, Guru MAFIKIBI (Matematika Fisika Kimia Biologi) SMP SMA IPA, dan Pengembang Prangkat Lunak berbasis Web dan Mobile

Leave a Comment