Jakarta – Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman Majelis Ulama Indonesia (LPBKI-MUI) pada Minggu-Senin, 22-23 April 2018 menggelar Rapat Kerja ke III tahun 2018 dengan tema Implementasi UU. No. 3/2017 untuk Penguatan Literasi Konten Keislaman Indonesia.

Narasumber sesi Seminar Kebangsaan diantaranya Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin (Ketua Umum MUI), Prof. H. Abd. Rahman Mas’ud, Ph.D.  (Kabalitbang-Diklat Kemenag RI), Kombespol. Ibnu Suhendra (BNPT). Sedangkan pada sesi FGD, narasumbernya di antaranya Nadratuzzaman Hosen, Ph.D (DP MUI), H. Kusmindar (Kasubdit Kepustakaan Islam Kemenag RI), Aditya Aelman Ali (Kejagung), perwakilan Kemenkominfo, Perpusnas RI, dan IKAPI, Prof.  Endang Soetari, dan Arif Fahrudin (LPBKI-MUI).

Salah satu agenda Raker ini adalah untuk merespons geliat dunia perbukuan yang semakin dinamis sehingga lahirlah UU. No. 3 tahun 2017 sebagai payung hukumnya.

Dalam rangka konsolidasi dan penyelarasan kinerja lembaga, Raker LPBKI ini digelar dengan menampung masukan dari utusan komisi, lembaga, dan badan di lingkungan DP MUI.

Bertepatan dengan momentum Hari Buku Sedunia 2018, LPBKI-MUI menyeru kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan minat baca. Dengan minat baca yang tinggi, maka peradaban bangsa Indonesia akan lebih terarah kepada tujuan dan cita-cita kemerdekaannya, yaitu menjadi bangsa yang maju dan berketahanan.

Raker yang juga diisi dengan rangkaian kegiatan Seminar Kebangsaan Penguatan Islam Wasathiyah, bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Sholahudin al-Ayubi (STAISA) Jakarta dan Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih (STIF) Syekh Nawawi Al-Bantani Tanara Banten. (Arif Fakhruddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here