Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Nonbank (IKNB), Edy Setiadi menuturkan Bank Wakaf kemungkinan sudah mulai berjalan di akhir juni 2017. “Bank Wakaf akan diluncurkan bulan juni. Kongres dimohonkan untuk mendorong, ” ucap Edy.

Ucapan tersebut disampaikan Edy saat mengisi Pleno VI mengenai Peran Bank Sentral dan OJK dalam Memajukan Ekonomi Umat di Hotel Grand Sahid Minggu (23/04).

Edy yang mewakili Muliaman Hadad mengaku, Bank wakaf akan terlaksana mulai Juni 2017 bila semua pihak sudah mendukung.

Selama ini, kata Edy, pemerintah pusat sudah menyusun program ini untuk mengentaskan jurang kemiskinan antara si kaya dan si miskin.

Sebelumnya, Bank Wakaf Ventura sempat mengalami kendala karena perdebatan mengenai bank yang mencari untung dan wakaf yang tidak diperbolehkan.

Namun Edy mengatakan, program ini, bila didukung umat, kemungkinan akan mulai bisa diresmikan sebelum Dewan Pimpinan OJK yang baru terpilih pada Juli Nanti. Untuk itu, pada akhir Juni, kemungkinan bank ini akan sudah muncul.

Bank Wakaf Ventura, menurut Edy, merupakan program yang diinisiasi Presiden Jokowi untuk mengurangi ketimpangan dan kemiskinan masyarakat. Edy bahkan mengatakan, Presiden sampai saat ini bertindak sebagai penanggung jawab tertinggi Bank Wakaf Ventura ini.

Pemegang saham modal ventura, tutur Edy, bukanlah individu namun kelompok. “Pemegang sahamnya adalah ormas, bukan individu atau PT, yang Islam. Tidak boleh pribadi, ” ucapnya.

Edy mengatakan, mulai minggu depan, akan ada rapat intensif untuk membahas masalah ini. “Minggu depan akan rapat, bergerak, memfinaslisasi bank wakaf ventura, ” tutupnya. (Azhar)